PENGUMUMAN PENTING pabudira ...:[close]:...
Seluruh Siswa Kelas XI TKJ - Guru Bimbingan Bpk. Rachmat Budi S., S.Kom, agar menyegerakan Revisi Materi Produktif Karya Tulis Prakerin 2014/2015 dalam bentuk Printout, sesuai dengan Ketentuan Pembimbing Materi.


Ketentuan Pendaftaran Penilaian Susulan, didaftarkan kepada Ketua Kelas masing-masing kelas dan segera dilaporkan kepada Guru Mapel Sistem Operasi paling lambat, Jumat, 20 Desember 2013, pukul 11:00 WIB

Selasa, 24 September 2013

Renungan: Statis vs Dinamis

Jika menengok Kurikulum 2013 saat ini, dapat diartikan pembelajaran yang semakin mudah dengan dukungan sarana teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini bukan lagi sekedar barang baru dilingkungan kita, penggunaan Smartphone, Internet, serta dukungan perangkat canggih lainnya, seharusnya sudah mendukung adanya Proses Belajar Mengajar, baik dilingkungan sekolah atau luar sekolah.

Perubahan budaya Siswa secara Statis, dari teknik manual seperti mencatat, saat ini sudah jarang ditemukan di sekolah.

…saat ini Siswa cederung lebih suka memotret tulisan penting di papan tulis atau Screen Projector, ketimbang mencatat…

Ada peran penting yang seharusnya dapat mendukung dalam pembenahan dan peningkatan SDM dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, yakni pengadaan perangkat.

Pengadaan dan penyusunan perangkat pembelajaran yang berbasis TIK tidak saja membutuhkan waktu dan materi yang lebih  oleh Guru, yang sarat dengan tuntutan perkembangan zaman, dan ini yang tidak disadari oleh beberapa pihak terkait antara Pemerintah, Sekolah dan Orang Tua Siswa, bahkan Dunia Usaha/Dunia Industri.

Saat ini memang bukanlah membahas bagaimana Guru harus memenuhi seluruh bentuk administrasi Guru pada perangkat pembelajaran Siswa.

Dengan adanya Kurikulum 2013 sudah saatnya terjadi perubahan iklim antara peran Guru dan Siswa. Guru sudah tidak menjadi pusat belajar, karena seluruh pembelajaran sudah bisa didapatkan melalui sumber lain, contohnya Internet. Siswa kini telah harus lebih aktif dalam melakukan pembelajaran.

…kegiatan Guru diruang kelas atau laboratorium dalam penyampaian materi belajar saat ini sudah bukan suatu hal yang terlalu menarik bagi Siswa, yang cenderung lebih suka Fesbukan daripada mendengarkan Guru…

Perlu adanya koordinasi yang baik antara Guru dan Siswa dalam pembelajaran. Peran Guru dalam melakukan pengawasan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilingkungan sekolah harus lebih aktif.

…lalu, bagaimanakah cara belajar aktif dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi?

Tentunya Guru dapat menjelaskan kepada Siswa tentang adanya perubahan budaya yang menuntut Siswa lebih Dinamis melakukan pemberdayaan sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.

Semoga menjadi renungan bagi kita semua… Aaamieeen…

# erbees

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tidak mengandung SARA.
Komentar dan masukan yang baik serta membangun akan menjadikan blog ini semakin baik dan terpercaya.
Jangan lupa klik [SUKA] atau [LIKE] dan Share ke teman-teman.
Terima kasih...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.