PENGUMUMAN PENTING pabudira ...:[close]:...
Seluruh Siswa Kelas XI TKJ - Guru Bimbingan Bpk. Rachmat Budi S., S.Kom, agar menyegerakan Revisi Materi Produktif Karya Tulis Prakerin 2014/2015 dalam bentuk Printout, sesuai dengan Ketentuan Pembimbing Materi.


Ketentuan Pendaftaran Penilaian Susulan, didaftarkan kepada Ketua Kelas masing-masing kelas dan segera dilaporkan kepada Guru Mapel Sistem Operasi paling lambat, Jumat, 20 Desember 2013, pukul 11:00 WIB

Senin, 23 September 2013

Materi Kelas XI: Standar Pemasangan Kabel UTP CAT5e

Setelah mengetahui kebutuhan yang dipergunakan untuk Membangun Jaringan atau Desain Awal Jaringan, maka yang harus dilakukan adalah pemasangan RJ-45 Connector pada kedua ujung UTP CAT5e Cable.

Teknik pemasangan UTPCAT5e Cable tersebut memiliki dua cara pemasangan sesuai dengan kebutuhan kabel sebagai penghubung antar perangkat.

 

STRAIGHT-THROUGH

Dipergunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berbeda secara langsung, baik dalam bentuk fisik maupun fungsinya.

  1. NIC pada PC dengan Hub.
  2. NIC pada PC dengan Switch.

UTP-Straight 

 

CROSSED-OVER

Dipergunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama secara langsung, baik dalam bentuk fisik maupun fungsinya.

  1. NIC pada PC dengan NIC pada PC.
  2. Hub dengan Hub.
  3. Switch dengan Switch.
  4. Hub dengan Switch.

 

581px-UTP-Crossover

 

Apabila gambar diatas dirasa agak membingungkan, gambar dibawah sebagai alternatif tambahan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangan konektor dengan cara Straight-Through atau Crossed-Over.

 

rj45pinout

 

Pada intinya, pemasangan kabel pada konektor ditentukan oleh Standarisasi seperti diatas, namun demikian kita dapat pula menentukan pengkabelan menurut keinginan kita sendiri. Yang terpenting adalah beberapa Pin yang telah ditentukan itu harus tetap sesuai dengan strandar.

Terima kasih….

====================================================

Artikel ini disusun oleh Rachmat Budi S., S.Kom sebagai bahan pembelajaran yang telah disimpulkan dengan segala kemudahan dari beberapa sumber bacaan dari buku pelajaran SMK dan bahan kuliah Teknik Komputer dan Jaringan, serta dari beberapa artikel di Internet.

Penulis akan mencantumkan sumber atau link berkaitan dengan penulisan yang dilakukan dengan cara Copy-Paste.

Mohon maaf apabila adanya kesamaan dalam penulisan materi ini.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tidak mengandung SARA.
Komentar dan masukan yang baik serta membangun akan menjadikan blog ini semakin baik dan terpercaya.
Jangan lupa klik [SUKA] atau [LIKE] dan Share ke teman-teman.
Terima kasih...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.