PENGUMUMAN PENTING pabudira ...:[close]:...
Seluruh Siswa Kelas XI TKJ - Guru Bimbingan Bpk. Rachmat Budi S., S.Kom, agar menyegerakan Revisi Materi Produktif Karya Tulis Prakerin 2014/2015 dalam bentuk Printout, sesuai dengan Ketentuan Pembimbing Materi.


Ketentuan Pendaftaran Penilaian Susulan, didaftarkan kepada Ketua Kelas masing-masing kelas dan segera dilaporkan kepada Guru Mapel Sistem Operasi paling lambat, Jumat, 20 Desember 2013, pukul 11:00 WIB

Jumat, 27 Desember 2013

Penilaian Kelas X: Konversi Nilai Rapor Kurikulum 2013

Penilaian Hasil Evaluasi Belajar atau Penilaian yang terdapat pada Rapor, khususnya pada Kurikulum 2013, dilakukan sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada “Petunjuk Teknis Pengisian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dan Model Rapor Sekolah Menengah Kejuruan” yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMK – Direktorat Jendreal Pendidikan Menengah – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan – 2013.

Bentuk penilaian secara umum yang terdapat pada Rapor Kurikulum 2013 ada tiga macam, diantaranya yaitu:

==========================
PENILAIAN PENGETAHUAN (KI - 3)
==========================

  1. Dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran
  2. Terdiri atas; Nilai Harian (Lisan, Tertulis, Penugasan), Nilai Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Semester
  3. Seluruh Penilaian masing-masing mengacu pada akhir Kompetensi Dasar

 

==========================
PENILAIAN KETERAMPILAN (KI - 4)
==========================

  1. Dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran
  2. Terdiri atas; Nilai Praktikum, Nilai Portofolio (Tugas berkaitan dengan Praktikum Lab. atau DU/DI)
  3. Seluruh Penilaian masing-masing mengacu pada akhir Kompetensi Dasar

Bentuk Penilaian untuk Pengetahuan (KI - 3) dan Keterampilan (KI - 4)

image

==========================
PENILAIAN SPIRITUAL (KI - 1) DAN SOSIAL (KI - 2)
==========================

  1. Dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran
  2. Instrumen terdiri dari Penilaian Observasi/Proses Belajar Mengajar (dari Guru), Penilaian Diri (dari Siswa), Penilaian Rekan Sejawat (dari teman) dan Penilaian Jurnal (dari Guru)

Bentuk Penilaian untuk Spiritual (K-1) dan Sosial (K-2)

image

 

Pada seluruh penilaian (K-1, K-2, K-3 dan K-4) memiliki Deskripsi mengenai Pencapaian yang telah didapat oleh Peserta Didik (Siswa) berdasarkan atas Nilai yang telah dicapai.

…jangan heran jika Anda melihat Nilai pada Rapor pada Kurikulum 2013 ini memang berbeda dari Rapor sebelumnya yang menggunakan KTSP…

Anda hanya tinggal melakukan Konversi Nilai yang tertera pada Rapor untuk mengetahui Nilai Anda yang berada pada Range Penilaian seperti diatas.

Bagi Orang Tua/Wali Siswa diharapkan agar dapat lebih jeli dalam menyikapi Hasil Penilaian dengan Kurikulum 2013, disebabkan banyaknya pencapaian yang harus ditempus oleh Peserta Didik.

Dan bagi Peserta Didik hendaknya agar dapat melakukan pencapaian seluruh Kompetensi Inti dalam Kompetensi Dasar pada setiap Mata Pelajaran.

…Nilai minimal yang harus ditempuh oleh Peserta Didik adalah “B-“

Seluruh Mata Pelajaran memiliki Kompetensi Inti yang berbeda, terlebih Mata Pelajaran Produkti pada Sekolah Menengah Kejuruan disebabkan Sekolah Menengah Kejuruan lebih mengutamakan Praktikum sesuai dengan Visi dan Misi SMK.

Selain seluruh Penilaian dalam Akademik, pada Rapor terdapat Penilaian Ekstra Kurikuler Wajib (Pramuka) dan Esktra Kurikuler Pilihan.

Demikian penjabaran mengenai Penilaian Rapor Kurikulum 2013 yang mencantumkan Deskripsi setiap Nilai.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tidak mengandung SARA.
Komentar dan masukan yang baik serta membangun akan menjadikan blog ini semakin baik dan terpercaya.
Jangan lupa klik [SUKA] atau [LIKE] dan Share ke teman-teman.
Terima kasih...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.