PENGUMUMAN PENTING pabudira ...:[close]:...
Seluruh Siswa Kelas XI TKJ - Guru Bimbingan Bpk. Rachmat Budi S., S.Kom, agar menyegerakan Revisi Materi Produktif Karya Tulis Prakerin 2014/2015 dalam bentuk Printout, sesuai dengan Ketentuan Pembimbing Materi.


Ketentuan Pendaftaran Penilaian Susulan, didaftarkan kepada Ketua Kelas masing-masing kelas dan segera dilaporkan kepada Guru Mapel Sistem Operasi paling lambat, Jumat, 20 Desember 2013, pukul 11:00 WIB

Jumat, 13 September 2013

Materi Kelas X: Sistem Operasi (Bagian 1)

Pada pembahasan Bagian Pertama ini disampaikan mengenai Definisi, Pengertian, Fungsi Dasar, dan Sasaran Sistem Operasi.

SISTEM OPERASI

Sistem Operasi atau Operating System dalam sistem komputer adalah penghubung antara pengguna (User) dengan Program Aplikasi (Software) dengan perantara Perangkat Keras (Hardware).

Dengan kata lain, tanpa adanya Sistem Operasi, maka komputer (Hardware) tidak dapat menjalankan Aplikasi (Software) atau komputer tidak dapat bekerja menjalankan fungsinya.

image

Sedangkan pengertian dari Sistem Operasi secara umum adalah pengelola seluruh Sumber Daya atau Resources yang terdapat pada sistem komputer yang menyediakan sekumpulan layanan (System Calls) kepada Pengguna (User) sehingga menjadi mudah dan lebih nyaman bagi Pengguna (User).

 

FUNGSI DASAR

Fungsi dasar Sistem Operasi adalah mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras (Hadware) oleh berbagai macam program aplikasi (Software) serta para pengguna (User).

image Dengan kata lain Sistem Operasi melakukan seluruh kontrol terhadap Sistem Komputer dan Pengguna.

 

 

SASARAN UTAMA

  1. Kenyamanan
    Membuat Pengguna (User) merasa nyaman dalam mengoperasikan Sistem Komputer.
    .
  2. Efisiensi
    Penggunaan Sumber Daya (Resource) yang sangat efisien bagi Pengguna (User)
    .
  3. Berevolusi
    Sistem Operasi dibuat dan dibangun dengan adanya kemungkinan kemudahan dalam pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem-sistem baru dalam Sistem Operasi tersebut.
    .

Dalam perkembangannya ada berapa Sistem Operasi seperti Posix, Unix, Microsoft, IBM, Sun, Macintosh, Linux dan lainnya yang terus berusaha mengembangkan Sistem Operasi sesuai dengan Sasarannya.

====================================================

Artikel ini disusun sebagai bahan pembelajaran yang telah disimpulkan dengan segala kemudahan dari beberapa sumber bacaan dari buku pelajaran SMK dan bahan kuliah Teknik Komputer dan Jaringan, serta dari beberapa artikel di Internet.

Penulis akan mencantumkan sumber atau link berkaitan dengan penulisan yang dilakukan dengan cara Copy-Paste.

Mohon maaf apabila adanya kesamaan dalam penulisan materi ini.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tidak mengandung SARA.
Komentar dan masukan yang baik serta membangun akan menjadikan blog ini semakin baik dan terpercaya.
Jangan lupa klik [SUKA] atau [LIKE] dan Share ke teman-teman.
Terima kasih...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.