PENGUMUMAN PENTING pabudira ...:[close]:...
Seluruh Siswa Kelas XI TKJ - Guru Bimbingan Bpk. Rachmat Budi S., S.Kom, agar menyegerakan Revisi Materi Produktif Karya Tulis Prakerin 2014/2015 dalam bentuk Printout, sesuai dengan Ketentuan Pembimbing Materi.


Ketentuan Pendaftaran Penilaian Susulan, didaftarkan kepada Ketua Kelas masing-masing kelas dan segera dilaporkan kepada Guru Mapel Sistem Operasi paling lambat, Jumat, 20 Desember 2013, pukul 11:00 WIB

Minggu, 04 September 2011

Prakerin: Tips Pelaksanaan Prakerin II

Pada Postingan sebelumnya telah dijelaskan mengenai kegiatan-kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada saat Prakerin. Pada kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal untuk memudahkan Siswa dalam interaksi dan mendapatkan Penilaian-penilaian dan Reward yang baik oleh Perusahaan.

Ada kalanya Siswa dalam Kelompok Prakerin mempunyai sifat yang berbeda-beda satu dengan lainnya, yang mungkin akan membuat Sang Ketua Kelompok agak-agak kesulitan. Permasalahan yang memungkinkan terjadi kepada seorang Siswa akan berdampak buruk bagi; Siswa itu sendiri dan Sekolah. Oleh sebab itu ada beberapa Aturan dan Tata Tertib yang diberlakukan Sekolah, khususnya SMK Media Informatika Jakarta dan Dunia Usaha/Dunia Industri dimana Pelaksanaan Prakerin dilaksanakan.

Untuk menghndari hal yang demikian, maka ada beberapa Tips yang mungkin bermanfaat diantaranya...

  1. Penampilan
    Penampilan yang baik tidak memerlukan biaya yang besar. Siswa Laki-laki hendaknya menggunaan pakaian sekolah yang baik yang telah ditetapkan oleh Sekolah. Rambut yang rapi, tidak mengenakan gelang, sweeter, topi, celana ketat atau emblem yang melekat tidak mencerminkan Sekolah.

    Siswi Perempuan tidak perlu berdandan yang berlebihan untuk tampil rapi, tidak mengenakan rok pendek, rambut diwarnai dan lainnya yang tidak mencerminkan Siswa Sekolah.

    Jangan lupa mengenakan Jas Almamater SMK Media Informatika Jakarta, kecuali Perusahaan menetapkan aturan berpakaian di Perusahaan.

    Adakalanya Perusahaan menetapkan para Siswa Prakerin harus mengenakan pakaian layaknya sebagai Karyawan di Perusahaan.

    Nah yang ini hendaknya dikonsultasikan kepada Guru Pembimbing Monitoring pada saat Kelompok Siswa Prakerin diterima dan/atau pada saat penghantaran Siswa Prakerin ke Perusahaan.
    .
  2. Tingkah Laku
    Tingkah laku dan Sopan santun yang baik diajarkan kepada Siswa di Sekolah dan rumah. Jangan tinggalkan kebiasaan yang telah diajarkan dan dijalankan. Sikap sopan santun kepada setiap Karyawan dan rekan-rekan dari sekolah lain di Perusahaan akan menimbulkan dampak yang baik bagi Siswa Prakerin.

    "Dimana bumi dipijak, langit dijunjung" akan mencerminkan Anda sebagai orang yang dapat menghormati orang lain ditempat dimanapun Anda berada, yang memungkinkan orang lain untuk menghormati Anda, layaknya Anda menghormati orang lain.
    .
  3. Sosialisasi
    Bersosialisasi yang baik tidak hanya dengan orang-orang yang berada dan selalu berhubungan langsung dengan Anda. Tingkatkan pertemanan yang baik dengan rekan dari sekolah lain, yang memungkinkan dapat bertukar ilmu pengetahuan dan bertukar informasi.

    Kenali dan cari tahu mengenai orang-orang yang Anda kenal, jangan sampai Anda terkecoh. Postur tubuh dan Usia Muda bukan menjadi halangan untuk seseorang di Perusahaan memiliki Jabatan yang tinggi.
    .
  4. Interaktif dan Aktif
    Anda harus memulai interaksi yang baik dengan setiap orang, dan selalu Aktif serta gesit dalam menghadapi beberapa hal-hal pada saat bersosialisasi.

    Jangan posisikan diri Anda menjadi Pasif, artinya -kalau tidak ditanya, diam- -kalau tidak disuruh, diam-.

    Tunjukkan Anda seorang yang Aktif dan Interaktif, namun bukan Hiperaktif yang mengakibatkan permasalahan baru.
    Tanyakan secara langsung kepada orang yang memberikan instruksi kerja apabila dirasa Anda belum paham, jangan bertanya kepada teman yang memang tidak diberikan instruksinya karena akan mengakibatkan suatu hal yang fatal apabila Anda salah mengerjakan. Jangan ragu-ragu untuk bertanya, gunakan bahasa yang baik.

    Aktif membantu rekan kelompok atau rekan dari sekolah lain, akan memudahkan Anda untuk dibantu. Namun dengan catatan, Anda telah menyelesaikan tugas dan meloprkan kepada Instruktur.
    Jangan lupa untuk selalu Aktif dan berbagi informasi di Group Prakerin Meatik (tentunya dengan kesempatan yang memandai).
    .
  5. Berbuat & Tanggung Jawab
    Tunjukkan segala sesuatu yang Anda perbuat dapat dipertanggung jawabkan. Kejujuran dalam bekerja yang dilandasi oleh kemampuan yang Anda miliki dan terus berinteraksi dengan rekan dan Pembimbing sangat membuahkan hasil yang baik.

    Jangan segan-segan bertanya mengenai pekerjaan yang Anda lakukan ternyata tidak menghasilkan yang baik, ini dilakukan demi tuntasnya pekerjaan Anda dengan baik dan Kompeten.

    Ingat! Segala properti yang ada di Perusahaan belum tentu ada di Sekolah, apalagi di rumah Anda. Gunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab seluruh properti dan fasilitas yang Anda gunakan dan rawatlah, seperti Komputer dan Peralatan Kantor lainnya.
    .
  6. Disiplin Ilmu Akademis
    Materi yang diberikan Perusahaan telah dikorelasikan dengan Materi Pembelajaran di Sekolah sesuai dengan Kurikulum Bidang Produktif, khususnya.

    Adakalanya Perusahaan memberikan beberapa materi tambahan diluar dari materi yang diberikan di Sekolah. Ini adalah Ilmu, jangan sia-siakan.

    Selalu melakukan share dan review denngan rekan di kelompok atau dari sekolah lain dengan Kompetensi Keahlian yang sama dan tentunya dengan Pembimbing Perusahaan.

    Lakukan konsultasi dengan Pembimbing Materi di Sekolah pada setiap hari Sabtu di Sekolah untuk share dan review mengenai Materi yang belum diajarkan di Sekolah.

    Dan...jangan lupa untuk menentukan dan menyiapakan Judul dan Bahasan yang akan dituangkan kedalam Karya Tulis setelah Anda menyelesaikan Kegiatan Prakerin.
    .
  7. Kesempatan
    Gunakan seluruh kesempatan yang ada untuk belajar tentang hal-hal yang belum atau baru diketahui diluar sekolah.
    Biasakan datang sebelum jam kerja dimulai yang memungkinkan Anda untuk memulai pekerjaan tanpa adanya suatu masalah apapun.

    Gunakan kesempatan saat senggang setelah istirahat bersama rekan-rekan lain atau karyawan untuk sharing dan membicarakan hal yang positif untuk membangun.

    Adakalanya Karyawan membutuhkan Anda untuk melakukan suatu pekerjaan yang mungkin Anda belum bisa menangani, tanyakan terlebih dahulu kepada Instruktur/Pembimbing Perusahaan. Apabila ternyata Anda bisa mengerjakan sesuatu yang rekan lain agak kesulitan, maka Anda dapat diandalkan oleh Perusahaan.
    .
  8. Waspada
    Sikap waspada harus dimiliki oleh Anda, namun jangan selalu berfikiran Negatif.

    Waspada dalam hal melihat suatu kesempatan-kesempatan yang mungkin tidak akan Anda dapatkan pada waktu yang tidak memungkinkan harus disikapi dengan bijaksana.

    Jangan pernah menerima ajakan orang lain yang menggiurkan, terlebih lagi tidak etis untuk Anda terima. Untuk Siswi Perempuan, hindari ajakan Karyawan Pria yang tidak Anda kenal secara umum dan personal untuk pulang bareng apabila hanya Anda seorang. Bagitupun Siswa Laki-laki.

    Waspadai segala keumungkinan terburuk yang nantinya akan berakibat fatal bagi Anda, Keluarga dan Sekolah.
    Berteman baik tidak selamanya membuahkan hasil yang positif.
    Dan, jangan lupa pulang tepat waktunya.

Permasalahan yang bersifat pribadi agar hendaknya diselesaikan personal, jangan sampai mengakibatkan terhalangnya kegiatan Prakerin disebabkan karena adanya permasalahan yang terjadi diantara rekan Kelompok.

Konsultasikan segala suatu permasalahan yang terjadi dengan Pembimbing Perusahaan dan Pembimbing Monitoring Sekolah. Apabila diperlukan, silahkan kunjungi dan kosultasikan bersama Guru BP/BK, atau kepada Guru yang lebih dekat secara emosional menurut Anda "mampu" dan "mengerti" untuk Konseling Permasalahan.

Nah, dengan adanya beberapa point yang dijelaskan seperti diatas hendaknya kita dapat menyikapi segala sesuatu yang dapat terjadi di Perusahaan guna mendapatkan Nilai yang baik dan Kompeten guna bekal dimasa mendatang agar Anda menjadi seseorang yang mumpunyai dalam Dunia Usaha/Dunia Industri.
Semoga.
R. Budi S.,S.Kom

Link terkait:
Logo Meatik
Pages Tekajeku di Meatik
Follow tEkAjEkU
Group tEkAjEkU
Group Prakerin Meatik

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tidak mengandung SARA.
Komentar dan masukan yang baik serta membangun akan menjadikan blog ini semakin baik dan terpercaya.
Jangan lupa klik [SUKA] atau [LIKE] dan Share ke teman-teman.
Terima kasih...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.